Minggu, 07 Oktober 2012

Perkembangan dan Trend Telematika

          Perkembangan Telematika semakin berkembang dari waktu ke waktu, semakin canggih pula teknologi seiring perkembangan waktu dan semakin ahli pula penggunanya dalam memanfaatkan perkembangan yang terjadi. 

          Perkembangan telematika di Indonesia mengalami 3 periode yaitu periode rintisan berlangsung dari akhir tahun 1970an sampai akhir tahun 1980an pada tahun 1970 Toffler menyebutnya sebagai zaman informasi tetapi di indonesia karna pasokan listrik yang terbatas Indonesia tidak bisa mengikuti perkembangan telematika, dan mulai pada tahun 1980 Indonesia perubahan secara signifika jauh dari harapan tapi dalam dalam satu dasawarsa pengguna telekomunikasi dan multimedia walaupun penggunanya masih terbatas tetapi sarana kirim pesan dalam suatu grup sudah mulai dilaksanakan. 
          Kedua periode tersebut adalah periode pengenalan rentang waktunya 1990an, pada Periode ini  teknologi telematika sudah dikenal dikalangan masyarakat dan sudah banyak pula yang menggunakannya seperti komputer, internet, pager, handpone, televisi, radio, dan lain-lain. dan terakhir adalah periode aplikasi periode ketiga ini dimulai tahun 2000an. 
           Pada Periode Aplikasi ini perkembangan telematika pada mobile phone sangat cepat pertumbuhannya hampir fungsinya juga mulai canggih dan hampir seluruh masyarakat memilikinya. Dan untuk teknologi komputer mampu memiliki hardisk berkapasitas 1 terra atau sekitar 1000 Gygabyte, dan berkembangnya juga multiprosesor , berkembangnya juga jaringan internet berfasilitas wireless.


         Trend kedepan Telematika menurut saya akan semakin maju dari waktu sebelumnya yang akan lebih memudahkan user atau pengguna dalam berkomunikasi atau memakai suatu teknologi. dan persaingan teknologi akan semakin meningkat dan berlomba-lomba untuk menciptakan teknologi telematika yang lebih baik dari sebelumnya.

Refrensi : 
http://jemeinulle.blogspot.com/2010/10/definisi-telematika-di-dalam-bahasa.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar