Minggu, 11 Maret 2012

Tulisan ke-2 Bahasa Indonesia 2 (Soft Skill)

I. Latar Belakang
   Ada semacam pepatah dalam lingkungan kerja yang menyatakan bahwa hard skillakan membuat seseorang lolos wawancara kerja, namun soft skill-lah yang membuat orang itu bisa mendapatkan pekerjaannya. Ini artinya seorang pelamar kerja yang memiliki bertahun-tahun pendidikan dan pengalaman di bidang kerjanya mungkin memiliki hard skills yang dibutuhkan untuk mengisi jabatan yang tersedia, namun soft skill seperti misalnya kemampuan memimpin (leadership) atau motivasi diri dibutuhkan untuk bisa memiliki performa kerja yang baik.

II.ISI
   
Soft skill adalah kualitas, ciri kepribadian dan keahlian sosial yang dimiliki setiap orang dengan tingkatan yang berbeda-beda. Ada orang-orang yang gampang berteman, misalnya, yang bisa dianggap sebagai soft skill yang berharga dalam dunia penjualan. Orang lainnya mungkin sangat menghargai waktu atau mampu mengambil keputusan yang rasional meskipun sedang berada di bawah tekanan. Seseorang juga mungkin saja memiliki kemampuan dalam dirinya untuk bekerja dengan rekan kerja yang berasal dari latar belakang budaya yang berbeda, atau dia bisa belajar bahasa asing secara cepat. Kesemua hal ini bisa dianggap sebagai soft skills yang berharga.

III.Kesimpulan
    Memiliki keseimbangan yang tepat antara hard skill dan soft skill merupakan salah satu cara untuk meningkatkan daya saing ketika Anda berkompetisi melawan ratusan pelamar lain dalam pasar kerja yang sempit.

Sumber : 
http://cognitiobrevis.blog.com/2011/04/18/apakah-yang-dimaksud-dengan-soft-skills/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar